Program Studi memiliki tata pamong yang memungkinkan terlaksananya secara konsisten prinsip-prinsip tata pamong, terutama yang berkaitan dengan pelaku tata pamong yaitu semua komponen aparatur (pelaku) dalam program studi, dan sistem ketata pamongan yang baik. Fungsi dan peran dari masing-masing komponen pelaku dalam Program Studi.

A. Pola Kepemimpinan dalam Program Studi Teknik Mesin

1. Ketua Program Studi
Program Studi adalah unsur pelaksana akademik pada Fakultas dan sebagai wadah yang memfasilitasi pelaksanaan Program Studi, dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Dekan setelah mendapat pertimbangan Senat Fakultas. Dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, Ketua Program Studi bertanggung jawab kepada Dekan.

2. Sekretaris Program Studi
Sekretaris Program Studi adalah unsur pimpinan Program Studi yang berfungsi membantu Ketua Program Studi dalam melaksanakan tugas pokoknya, diangkat dan diberhentikan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi. Dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, Sekretaris Program Studi bertanggung jawab langsung kepada Ketua Program Studi.

3. Kepala Laboratorium
Kepala Laboratorium adalah unsur pelaksana akademik fakultas yang berfungsi membantu tugas pokok Ketua Program Studi khususnya praktikum, diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Dekan. Dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, Kepala Laboratorium bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi.

4. Dosen Program Studi
Dosen pada Program Studi Teknik Mesin terdiri dari :

a. Dosen Pembimbing Akademik (PA)
Memberikan bimbingan akademik dan konseling kepada mahasiswa mengenai mata kuliah yang harus ditempuh pada setiap semester, baik berupa mata kuliah wajib maupun mata kuliah pilihan sesuai dengan peminatan masing-masing dan memotifasi mahasiswa untuk berprestasi. Dalam melaksanakan tugasnya, Dosen PA bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi.

b. Dosen Koordinator Mata Kuliah
Bersama-sama dengan dosen pengampu mata kuliah menentukan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), membuat soal ujian (UTS maupun UAS) dan melakukan monitoring terhadap kesesuaian materi ajar. Dalam melaksanakan tugasnya, Dosen Koordinator Mata Kuliah bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi.

c. Dosen Pembimbing Kerja Praktek dan Tugas Akhir
Memberikan bimbingan bagi mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Kerja Praktek dan Tugas Akhir dalam pelaksanaan maupun penyusunan Laporan Kerja Praktek/Tugas Akhir, sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Dalam melaksanakan tugasnya, Dosen Pembimbing bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi.

d. Dosen Pengampu Mata Kuliah
Memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan jumlah tatap muka yang telah ditentukan, serta berkoordinasi dengan Dosen Koordinator Mata Kuliah dalam menentukan RPS dan soal Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS).

Dalam kegiatan proses belajar mengajar yang didukung oleh sistem pengelolaan sehingga proses berjalan dengan baik, Program Studi melakukan koordinasi dengan bagian lain (Biro Akademik, Biro Adm dan Umum serta Biro Keuangan) untuk menjamin kegiatan pambelajaran berjalan tertib sesuai dengan aturan dan ketentuan Universitas.