JAKARTA – Centre for Suistainable Energy and Resources Management (Pusat Studi Energi Berkelanjutan dan Sumber Daya) Universitas Nasional (UNAS) mengikuti Kick-off meeting proyek penelitian Blue Communities dengan Principal Investigator dari Plymouth Marine Laboratory (PML), pada 15-18 Januari 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia itu diikuti oleh Director CSERM UNAS, J. Sugarjito, Ph.D., Research Fellow CSERM UNAS sekaligus Dosen Teknik Mesin, Agung Iswadi, M.Sc. Research fellow CSERM dari RGU UK, Dr. Radisti, Associate expert Herriot Watts UK, Dr. L. Garniati dan Kepala Taman Nasional Takabonerate di Sulawesi Selatan.

“Proyek Penelitian ini mencoba menjawab tantangan Man Spatial Planning (MSP) sehubungan dengan kehidupan di sekitar laut yang semakin menurun. Karena inilah proyek Blue Communities akan membantu masyarakat di bidang-bidang perikanan, ekowisata, dan energi terbarukan guna menjaga kelestarian laut,” ujar International Project Manager CSERM UNAS Dra. M.A. Inez Sapteno.

Plymouth Marine Laboratory, lanjut Inez, memperoleh hibah selama 4 tahun (2017/2018-2020/2021) dari Research Council UK (RCUK) yang menggandeng UNAS melalui pusat studi berkelanjutan atau CSRM guna melakukan penelitian – penelitian dalam rangka menjaga kelestarian laut tersebut.

Adapun tujuan dari pertemuan ini adalah untuk saling mengenal sesama mitra, mengetahui kebutuhan dan minat studi mitra proyek dan studi kasus, menentukan pertanyaan dari penelitian yang telah disepakati, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, merencanakan pelaksanaan proyek dan kegiatan di seluruh studi kasus yang memastikan integrasi dan kesinambungan, serta sebagai pertimbangan dan rencana interaksi dan integrasi dengan pemangku kepentingan.

Konsorsium kemitraan penelitian ini diikuti oleh Universiti Malaya yang mewakili Malaysia, Hanoi Nasional University of Education mewakili Vietnam dan Western Phillipines Univerisity dari Filipina. Dan juga mitra dari Inggris termasuk The University of Plymouth, North Devon Biosphere Foundation, Blue Ventures, dan International Pole and Line Fondation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *